Senin, 19 November 2012

cara agar tidak tertipu membeli secara online (pengalaman)

cara membeli barang/jasa online biar tidak tertipu

nih gan ane kasih tau caranya supaya agan tidak tertipu dengan penjualan onlinepasti agan juga bingung untuk membeli barang secara online,bener apa engga yah pasti di dalam pikaran sobat sekalian seperti itudan agan bertanya bagaimana caranya supaya tidak tertipunih caranya gan

bagaimana nih konkretnya Tips Agar Tidak Mengalami Penipuan di Dunia Online?

berpikirlah dengan tenag ketika berbelanja secara online
 Langkah cerdas lainnya adalah kewaspadaan. Cermati pada cerita ketipunya saya pada kisah di atas, sudah saya kasih angka-angka. Angka-angka itu melambangkan ‘bakat’ orang yang bakal ketipu. Mari kita kupas:
[1] Lagi butuh banget, nemu sesuatu yang pas, langsung terpukau, terperdaya tanpa crosh cek mendetail
[2] Mudah percaya dengan sample tanpa uji coba dan memahami proses pembuatan sampai hasil akhirnya
[3] Biasa, sadarnya dibelakang. So, menurutku kalau mau beli, jangan sekarang, pikiran udah tenang baru transaksi
[4] Itikad baik penjual yang bertanggung jawab biasanya setelah proses negoisasi berjalan, berani refund kog.

dan ini tips lain nya gan

Pilihlah Website Yang jelas
Sebelum anda memutuskan bertransaksi di sebuah website, pastikan website  tersebut terkenal atau jelas seperti Amazon, pastikan website tersebut mencatumkan alamat yang jelas dan nomor telpon yang bisa di hubungi. Lakukan komunikasi dengan penjual secara intensif untuk mengetahui “style” si penjual.

2.      Lihat Gambar dan Harga
Check, website tersebut menampilkan barang yang di jual apa tidak, jika tidak, sebaiknya hindari saja. Dan juga jangan lupa mengenai harga yang di tawarkan, jika lebih murah (tidak masuk akal), sebaiknya anda cari tempat yang lain.

4.      Testimoni
Ini sebenarnya bukan jaminan, namun anda bisa menilai si penjual dari testimony atau komen dari para pembelinya, jika tidak terdapat testimony, maka anda bisa lakukan komunikasi seperti yang di sebut di atas.

5.      Monitor Website Secara Berkala
Lakukan monitor terhadap website yang ingin anda jadikan sebagai tempat membeli barang, jika terjadi perubahan yang signifikan seperti data alamat dan nomor yg di hubungi, sebaiknya anda hindari saja.

6.      Pelayanan Yang Bagus
Pilih penjual yang siap melayani anda kapan pun (jam normal) dan dengan proses yang cepat, jika anda mendapatkan penjual yang sangat lambat dan terkesan ogah-ogahan dalam menjual barangnya, maka tinggalkan saja.

7.      Tanya di Forum jual beli
Cobalah mulai aktif di forum jual beli online, disana kita bisa berbagi pengetahuan dan saling info mengenai penjual yang baik dan tidak.

8.      Cari di Google
Terutama bagi anda yang senang berbisnis dengan situs-situs luar negeri contoh caranya dengan mengetik scam atau kecewa lalu ketik nama website atau data penjualnya (dari Nama, Nama pemilik rekening, YM, dll) yang ingin anda bertransaksi apakah ada banyak member/resellernya yang mengungkapkan kekecewaanya karena bertaransaksi dengan website atau penjual tersebut? bila ada sebaiknya anda tinggalkan


Yah, mungkin gitu dulu Tips Agar Tidak Mengalami Penipuan di Dunia Online. Semoga ada manfaat yang bisa diambil. Simpulanku, memerangi kejahatan online, jelas lebih solutif ketika kita mampu menyediakan environment jual beli sehat bagi masyarakat. Berani melaporkan permasalahan itu semua ke area-area yang pantas sehingga bisa dijadikan pelajaran bagi orang lain. Ya seperti
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar