Jumat, 30 November 2012

PSSI Minta Suporter Indonesia Tertib


PSSI Minta Suporter Indonesia Tertib

Bola - | Jumat, 30 November 2012



Pertemuan antara Malaysia dan Indonesia di laga pamungkas Grup B AFF Suzuki Cup 2012 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (1/12), bakal sarat emosi. Tidak hanya para pemain yang tengah bertarung di atas lapangan, tapi juga para suporter kedua tim yang menyaksikan langsung di dalam stadion.

Tim Garuda membutuhkan minimal hasil imbang untuk bisa memastikan diri lolos ke babak semi-final. Buat Harimau Malaya, kemenangan adalah harga mati. Apalagi, pertandingan berlangsung di kandang sendiri. Mereka pastinya tidak mau menahan malu di depan publik pendukung sendiri.

Saat Timnas Merah Putih menang 1-0 atas Singapura, Rabu (28/11) lalu, terjadi kasus pemukulan terhadap suporter Indonesia yang dilakukan sekelompok orang yang diduga adalah suporter Malaysia. Salah satu yang menjadi korban adalah ketua Badan Perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) wilayah Malaysia, Sagir Alva. Sejumlah suporter Indonesia lainnya juga menjadi korban.

Masalah ini patut menjadi perhatian serius. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur sudah melayangkan surat kepada Pemerintah Malaysia untuk menjamin keamanan bagi setiap penonton, termasuk suporter Indonesia.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Indonesia (PSSI) mengimbau agar para suporter Indonesia yang menyaksikan langsung laga itu untuk menjaga sikap dengan menaati aturan dan tertib. Diharapkan mereka tidak melakukan provokasi atau terpancing dengan provokasi pihak lain.

"Menyadari tingginya tensi pertandingan saat timnas Indonesia menghadapi tuan rumah Malaysia, pada laga penutup penyisihan Grup B AFF Suzuki Cup 2012, PSSI mengimbau agar semua pendukung skuad 'Merah Putih' yang hadir di Stadion Bukit Jalil pada Sabtu (1/12) mendatang mentaati aturan dan tata tertib yang ada, serta tidak bertindak provokatif dan tidak terpancing dengan provokasi pihak lain," demikian tulis PSSI dalam press release-nya kepada wartawan.

PSSI mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) agar keamanan benar-benar bisa tercipta di pertandingan ini. "PSSI juga telah berkoordinasi dengan Football Association of Malaysia (FAM) untuk membangun kerjasama keamanan dan keselamatan suporter. Hal tersebut demi kalancaran laga yang cukup menentukan perjalanan timnas Indonesia maupun Malaysia  di ajang AFF Suzuki Cup tahun ini," tulis PSSI. (goal/DOR)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar