Jumat, 30 November 2012

PIALA AFF 2012: Lawan Malaysia, Haramkan Imbang Untuk Jalan Mudah

Compact_timnas_senior_pssi
HASIL bagus ditorehkan timnas Indonesia dengan menaklukkan Singapura 1-0 pada matchday kedua Grup B AFF Suzuki Cup 2012. Raihan itu membawa Indonesia memuncaki klasemen sementara dan membuka peluang ke semifinal.
 
Yang harus diingat oleh segenap pasukan timnas ialah jangan terbuai dengan kondisi cukup main imbang pada pertandingan terakhir fase grup kontra Malaysia.

Dalam banyak kejadian, bukan hanya kondisi main bertujuan cukup imbang kerap kali justru membuat kalah, tetapi hasil imbang kemungkinan besar hanya akan membawa timnas menjadi runner up Grup B dengan koleksi poin 5, karena sangat terbuka peluang Singapura untuk melumat Laos sehingga mengumpulkan poin 6.
 
Posisi kedua di fase grup memang juga meloloskan timnas Indonesia ke semifinal, tetapi harus dipertimbangkan kondisi di Grup A.
 
Hampir pasti Thailand akan memuncaki Grup A. Setelah dua kali menang, lawan Filipina dan Myanmar, kalah saat meladeni Vietnam pada pertandingan terakhir pun tim tuan rumah tetap berpeluang besar melaju ke semifinal, walaupun pada pertandingan lain Filipina bisa mengalahkan Myanmar, mengingat saat ini selisih gol Filipina adalah 0 (2 – 2), sedangkan Thailand +5 (6 – 1 ).
 
Bukan berarti harus ciut nyali kepada Thailand, tetapi fakta bahwa selama 27 tahun terakhir skuat Garuda hanya bisa menang dua kali dalam pertandingan waktu normal 2 x 45 menit melawan tim yang berjulukan resmi Gajah-Gajah Petarung ini, tentu harus menjadi salah satu pertimbangan dan faktor pendorong utama untuk meraih kemenangan saat jumpa Malaysia.
 
Main imbang dan berposisi runner up berarti jumpa Thailand dan boleh jadi energi Andik Vermansyah dkk. terkuras habis di semifinal yang dijadwalkan berlangsung pada 9 dan 13 Desember, sehingga jika pun lolos ke final yang bakal dihelat pada 19 dan 22 Desember, badai cedera  telanjur melanda timnas.
 
Jadi, tidak ada cerita main untuk imbang. Harus menang kalau ingin melaju ke final dengan jalan yang lebih gampang.

Menjadi jawara Grup A berarti jumpa salah satu dari Filipina, Vietnam, ataupun Myanmar. Ketiga tim itu memang masih berpeluang lolos ke semifinal meski hanya mengincar posisi kedua Grup A. Secara teoretis, meladeni ketiga tim itu lebih mudah ketimbang Thailand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar